MARQUUE

VISI : Beriman dan Bertaqwa, Santun dalam Perilaku, Maju dalam Prestasi

Monday, October 22, 2012

Makna Hari Raya Idul Adha


Idul Adha (di Republik Indonesia, Hari Raya Haji, bahasa Arab: عيد الأضحى) adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika nabi Ibrahim (Abraham), yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, akan mengorbankan putranya Ismail, kemudian digantikan oleh-Nya dengan domba.
Betapa gembira dan bahagianya orang kaya yg dapat mencapai haji mabrur demikian. Belum lagi jika ia sempat salat berjamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi maka tiada terkira lagi pahalanya. Namun ini konteksnya adl orang yang kaya. Sedang orang yg tidak mampu / miskin tidak perlu berkecil hati. Bagi kita yg tidak mampu maka konteksnya terkandung dalam hadis Nabi SAW berikut “Hajinya orang yg tidak mampu adalah berpuasa pada hari Arafah
dari penjelasan di atas kita sebagai pelajar dapat menarik kesimpulan bahwa kita oleh islam selalu dianjurkan untuk rela berkorban. Banyak diantara kita sebagai pelajar kurang didalam rasa untuk berkorban contohnya : 

  1. Berkorban untuk meluangkan waktunya untuk belajar.
  2. berkorban untuk mentatai peraturan sekolah yang berlaku misalnya : memakai baju yang sesuai dengan peraturan sekolah, memakai dasi, memakai sepatu dan sebagainya.
  3. berkorban untuk membantu orang tua  melakukan beberapa pekerjaan rumah, menyapu halaman, mengepel lantai, mencuci dsb
  4. Berkorban untuk guru di sekolah misalnya : mengerjakan pr, membuat tugas disekolah dsb

No comments:

Post a Comment